Sabtu, 24 Mei 2014

PROCESSOR INTEL CORE i9

º Mengapa memilih Intel Core i9?

Intel Core i9 merupakan processor keluaran terbaru dari keluarga Intel yang baru-baru ini dirilis. Processor ini memiliki bentuk yang menarik. Dengan desain uniknya, processor ini mampu menggebrak pasaran computer. Intel Core i9 didesain dengan bentuk heksagonal. Tidak hanya bentuknya yang unik, namun kemampuannya dalam pemrosesan tidak perlu diragukan lagi dari processor-processor keluaran Intel sebelumnya seperti i5 dan i7.

º Apa saja teknologi yang digunakan dan fitur yang diberikan oleh Intel i9?

Processor Intel Core i9 menggunakan code Gulftown, dibuat dengan teknologi 32 nm. Core i9 memiliki 6 core dengan 12 thread dari Hyper Threading. Total L3 cache memiliki 12 MB dengan 3 channel memory dan dukungan Turbo Boost. Intel i9 memiliki 6 core fisik dan 12 core jika Hyper Threading aktif, L3 cache memiliki kapasitas 12 MiByte (Bloomfield: 8 MiByte), L1 dan L3 cache disetting untuk 54 KiByte per inti (L1) masing-masing 256 KiByte (L2).

º Apa saja keunggulan Intel i9?

Lain halnya seperti Intel i7 yang hanya memiliki 4 core, Intel i9 memiliki 6 core. Itu berarti processor ini 50% lebih cepat dari i7 pada frekuensi CPU yang sama-sama internal.

Processor ini diinstal dengan system high-end. Selain fitur-fitur canggih yang diberikan, Intel i9 juga memiliki desain bentuk yang unik, sehingga selain tertarik dengan fitur canggihnya, diharapkan konsumen akan tertarik untuk menggunakan processor ini.

Pada processor ini diterapkan 7 set perintah baru untuk mempercepat enkripsi data. Dengan ini dikatakan untuk mengenkripsi seluruh hard drive dengan kerugian yang kecil. Intel i9 lebih diutamakan untuk rendering, desain 3D, simulasi matematis, dll.

Processor ini berjalan dengan kecepatan 133 MHz dan kecepatan chip pada i9 adalah 2,4 GHz dengan multiplier 18. Namun kecepatan clock default dapat mencapai 3,33 GHz dan bahkan 3,6 GHz dalam mode turbo.

º Kelemahan dari Intel i9:

Harga masih relatif tinggi di pasaran dan Core i9 hanya dapat bekerja dengan chip X58, serta menggunakan socket 1366.


sumber: http://deiryka-praneintia.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar