Jumat, 23 Mei 2014

SEJARAH SISTEM OPERASI IBM / OS2

Cukup penting untuk memahami sedikit sejarah OS/2 untuk memahami di mana kita hari ini di arena sistem operasi, terutama dengan OS/2. Sebuah perspektif sejarah juga prasyarat untuk memahami perbedaan dan persamaan antara sistem operasi dan lingkungan yang tersedia saat ini.
OS/2 adalah sistem operasi yang awalnya dibuat secara bersama-sama oleh International Business Machine Corporation (IBM) dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM PS/2, (pengganti komputer IBM PC/AT), sebagai pengganti sistem operasi DOS yang telah lama digunakan. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2,
karena diperkenalkan sebagai bagian dari rilis perubahan generasi yang sama sebagai “IBM Personal System/2 (PS/2)” generasi kedua Personal Computer. Pengembangan sistem operasi ini dilakukan oleh kedua perusahaan tersebut, dengan menggunakan perjanjian Joint Development Agreement (JDA). Sistem operasi tersebut didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari mikroprosesor Intel 80286, termasuk di antaranya adalah modus terproteksi (protected mode), mampu menjalankan banyak tugas secara simultan (multitasking), serta mendukung virtual memory, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu (meski tidak semuanya), serta dapat membaca semua cakram (disk) yang diformat dengan menggunakan format DOS.
Ringkasan Deskripsi Sistem Operasi OS/2:
  • Perusahaan/pengembang: IBM & Microsoft (v1.0-1.2), mulai versi 1.3 dikembangkan sendiri oleh IBM.
  • Diprogram menggunakan bahasa pemrograman: C/C++
  • Status pengembangan saat ini: Sebagai sejarah, kini dikembangkan sebagai eComStation
  • Model source sistem operasi: Closed source (kode sumber tertutup).
  • Jenis lisensi: Proprietary (Hak milik)
  • Awal rilis: April 1987.
  • Rilis stabil terakhir: 4.52 – Desember 2001
  • Target pemasaran: Profesional (versi Desktop), Server
  • Dukungan bahasa: Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Portugis
  • Bahasa pemrograman yang didukung: REXX, Objek Rexx, Java
  • Platform yang didukung: x86.
  • Jenis Kernel: Hybrid kernel
  • Default antarmuka pengguna: Workplace Shell dan GUI
Versi Perkembangan OS/2 (versi OS/2, tahun release, dan fitur-fiturnya)
  1. OS/2 1.00 – 1987: merupakan sistem operasi pertama untuk Personal Computer dengan fitur multitasking berdasarkan dukungan hardware. Namun dalam modus teks saja dan hanya diperbolehkan satu program untuk berada di layar pada satu waktu, meskipun program lain dapat berjalan di background. Ukuran disk maksimum yang didukung adalah 32 MB. Semua versi 1.x dari OS/2 yang dirancang khusus untuk berjalan pada sistem 80286, mampu berjalan pada sistem 80386 juga.
  2. OS/2 1.10 SE – 1988: SE 1.10 menambahkan antarmuka pengguna berbasis grafis (GUI) untuk OS/2, dan GUI-nya disebut Presentasi Manager (PM). Memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi dengan cara yang lebih ramah daripada antarmuka command line serta dukungan untuk hard drive FAT cukup besar hingga 2 GB.
  3. OS/2 1.10 EE – 1989: OS/2 1.10 EE (Extended Edition) menambahkan Database Manager dan Communications Manager. Database Manager adalah database relasional multitasking yang cukup powerfull, dan sekarang disebut DB2.
  4. OS/2 1.20 – 1989: OS/2 1.20 (SE dan EE) menawarkan peningkatan Presentation Manager (GUI). Fitur lainnya adalah High Performance File System (HPFS). HPFS jauh lebih efisien dan lebih cepat daripada FAT. HPFS juga menawarkan integritas data jauh lebih besar. REXX juga muncul untuk pertama kalinya di OS/2 1.20 EE. REXX adalah bahasa pemrograman.
  5. OS/2 1.30 – 1991: OS/2 1.30 (SE dan EE) adalah versi pertama yang seluruhnya ditulis oleh IBM. Masih ada beberapa kode Microsoft di dalamnya. Akibatnya, OS/2 1.30 lebih kecil dan lebih cepat dari versi sebelumnya, lebih stabil, dan dukungan driver perangkat keras lebih tersedia. REXX ditambahkan juga ke versi SE.
  6. OS/2 2.00 – 1992: Sepenuhnya mendukung sistem operasi 32 bit untuk Personal Computer. Hal ini dilakukan melalui penggunaan Virtual DOS Machines (VDMs) yang memungkinkan OS/2 untuk menjalankan banyak program DOS dan Windows pada saat yang sama seolah-olah mereka benar-benar pada komputer yang terpisah. Workplace Shell (WPS) juga diperkenalkan di OS/2 2.00. Workplace Shell adalah sebuah antarmuka pengguna berorientasi objek (OOUI).
  7. OS/2 2.10 – 1993: Lebih cepat, mendukung sepenuhnya subsistem grafis 32 bit dan Multimedia Presentation Manager (MMPM/2) yang memberikan kemampuan multimedia suara dan video. Dukungan untuk Windows 3.0-3.1. PCMCIA untuk komputer laptop juga dimasukkan dalam OS/2 2.10, bersama dengan Advanced Power Management (APM). OS/2 bisa bekerja dengan komputer laptop yang memiliki BIOS APM untuk mengurangi konsumsi daya dan memperpanjang masa pakai baterai.
  8. OS/2 Warp 3 – 1994: OS/2 Warp 3 ini dirancang untuk diinstal dan dijalankan di komputer yang hanya memiliki 4 MB RAM. Driver perangkat tambahan mampu berjalan dengan sebagian besar PC dan peripheral di pasaran. Workplace Shell, kinerja mencetak, dukungan PCMCIA, dan dukungan multimedia semuanya ditingkatkan secara signifikan. Komunikasi TCP/IP dan Internet juga ditambahkan ke Warp 3. Web Explorer memungkinkan pengguna untuk mengakses World Wide Web. Mode teks dan grafis aplikasi FTP memungkinkan transfer file. Ultimail Lite memberikan pengguna layanan e-mail.
  9. Warp Connect – 1995: Warp Connect menggabungkan semua fitur dari Warp 3 dengan konektivitas jaringan dan perangkat. Fungsi Warp Connect memungkinkan workstation klien untuk berbagi sumber daya seperti file, printer, dan modem dengan pengguna lain pada jaringan.
  10. Warp Server – 1996: Warp Server menyediakan kemasan terintegrasi dari OS/2 Warp, produk IBM LAN Server 4.0, SystemView untuk OS/2, akses remote, recovery, dan kemampuan pencetakan baru yang memungkinkan mencetak file postscript dan non-postscript.
  11. Warp Server SMP – 1996: OS/2 Warp Server Symmetric Multiprocessing (SMP) menyediakan kemampuan sistem operasi untuk menyebarkan beban kerja komputasi di beberapa prosesor.
  12. OS/2 Warp 4 – 1996: Warp 4, nama kode Merlin. Fitur baru meliputi Java dan Navigasi VoiceType. Warp 4 disebut “Klien Universal” oleh IBM karena konektivitas jaringan dengan klien jaringan universal dengan semua sistem operasi yang ada, TCP/IP (termasuk DHCP, DDNS, FTP, TFTP, Telnet, SLIP, PPP, SMTP, dan SNMP), SNA, NetBIOS. Pengenalan suara VoiceType membuat Warp 4 satu-satunya sistem operasi di dunia yang memungkinkan navigasi suara tanpa software tambahan. Remote Access Services untuk kemampuan akses remote yang memungkinkan untuk mengakses jaringan dari rumah atau jalan.
  13. Warp Server untuk e-bisnis (Aurora) – 1999: Fitur barunya meliputi sebuah antarmuka grafis mengelola bahasa, Netscape Communicator 4,04, Lotus Domino Go Server untuk hosting situs web, WebSphere Application Server 1.1, NT Server Management (memungkinkan manajemen domain NT dan server dari sistem OS/2 termasuk kemampuan untuk sinkronisasi account OS/2 dan NT), Network File System (NFS) untuk file sharing di jaringan, Logical Volume Management, dan Sistem Journaling (JFS) yang memberikan kinerja lebih cepat, kapasitas disk yang lebih tinggi, skalabilitas membaik, dan pemulihan lebih cepat. Server Warp untuk e-bisnis menggunakan user interface berorientasi objek (OOUI) dari Warp 4 untuk antarmuka pengguna.
OS/2 tidak lagi dipasarkan oleh IBM, dan dukungan standar IBM untuk OS/2 dihentikan pada 31 Desember 2006. Saat ini, Serenity Systems International menjual OS/2 di bawah nama merek eComStation.

sumber: http://fxekobudi.net/

0 komentar:

Posting Komentar